melindungi mata dari radiasi komputer

abstract-blue-eyebeberapa orang berusaha menyiasati dengan memasang filter pada layar monitor. kenyataannya, walau filter bisa mengurangi efek radiasai elektromagnetik pada mata, namun hasilnya belum signifikan. untungnya, kemajuan teknologi menciptakan layar monitor teknologi LCD (Liquid Crystal Display).

berbeda dengan teknologi CRT (Cathode Ray Tube) yang menembakkan elektron 65-85 kali/detik tiap spektrum warna (merah, hijau, biru). LCD bekerja dengan kristal cair dan warna blacklight tanpa melibatkan tmbakan elektron sehingga lebih “ramah” pada mata.

Bagi anda yang menghabiskan sebagian  besar waktu di depan layar monitor, berikut tips agar kerja mata anda tidak terlalu berat.

1. Kedipkan Mata

selama di hadapan layar monitor, kedipkan atau pejamkan mata sesering mungkin untuk mengendurkan otot- otot mata yang tegang dan kaku. saat memejamkan mata, lakukan pemijatan lembut agar penglihatan semakin jernih.

2. Atur Pencahayaan

pencahayaan yang terlalu terang membuat mata silau, pencahayaan yang buram akan membuat mata bekerja lebih keras dari pada biasanya. atur pencahayaan layar monitor sampai mata terasa nyaman saat melihat ke arah layar monitor. sebaiknya cahaya berasal dari atas dan tidak menimbulkan bayangan. cahaya yang berasal dari belakang layar monitor akan membuat mata cepat lelah karena mata harus fokus pada dua sumber cahaya sekaligus.gateway_fpd2185w_21_inch_lcd_monitor_1

3. Hindari Pantulan

jika pada layar monitor ada terlihat pantlan balik dari sinar matahari maupun lampu, segeralah mengganti letak layar monitor. jika tidak memungkinkan tutup jendela atau lampu dan pindahkan letak layar monitor.

4 Konsumsi Vitamin

agar mata anda tetap sehat, cobalah untuk mengonsumsi vitamin secara teratur.

sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: